Hosting Unlimited Indonesia
hosting indonesia
Lazada Indonesia
Facebook

Menjadi Terkenal di Internet

Mendapatkan popularitas dan kekayaan merupakan mimpi yang dimiliki oleh banyak orang di seluruh dunia. Biasanya, untuk menjadi terkenal, Anda harus menjadi sorotan publik dan dikenal oleh media-media besar. Akan tetapi, dengan adanya internet, sekarang Anda bisa menjadi terkenal di dunia maya. Jika bisa menemukan pasar yang tepat dan mengikuti langkah-langkah tepat untuk memperluas profil daring, Anda bisa meraih mimpi untuk menjadi terkenal di internet.

Mencari Pasar atau Target yang Tepat

Tentukan bakat dan aktivitas yang Anda lakukan. Ada beragam cara untuk menjadi terkenal di internet. Beberapa cara umum untuk menjadi terkenal adalah dengan melakukan streaming permainan daring atau membuat konten unik dalam bentuk video atau tulisan. Bintang-bintang internet lainnya mendapatkan ketenaran di media sosial. Pikirkan hal-hal yang Anda gemari dan buatlah strategi berdasarkan keahlian yang dimiliki.

  • Jika Anda tidak yakin atau mengetahui dengan pasti hal yang mahir Anda lakukan, pikirkan hal-hal yang Anda minati dan ingin dipelajari.
  • Jika Anda mengetahui beragam teknik-teknik tata rias, Anda bisa membuat konten video yang menampilkan cara menggunakan tata rias.
  • Jika Anda mahir dalam permainan tertentu, Anda bisa melakukan streaming atau membuat video di YouTube mengenai permainan yang Anda mainkan untuk mendapatkan basis penggemar.
  • Jika Anda banyak meluangkan waktu di media sosial, cobalah tingkatkan pengikut Anda di media sosial untuk menjadi terkenal.
  • Jika Anda memiliki kehidupan yang menarik, Anda bisa membuat video blog (vlog) agar orang lain bisa mengikutinya.
  • Jika Anda memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai topik tertentu, Anda bisa membuat blog atau video untuk berbagi pengetahuan dengan orang lain.

Perhatikan orang-orang yang Anda kagumi atau sukai. Cara lain untuk mendapatkan inspirasi adalah dengan meniru seseorang yang Anda kagumi. Jika Anda tidak mengikuti selebritas internet, mulailah mencarinya agar Anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih baik mengenai apa yang perlu dilakukan untuk menjadi terkenal. Carilah selebritas internet di situs-situs web seperti Twitch.tv, YouTube, dan blog-blog daring. Jika Anda sudah menjadi penggemar seorang selebritas internet dan melihat kontennya secara berkala, ada kemungkinan Anda sudah cukup memahami apa yang ia lakukan.

Cari tahu mengenai komunitas yang ingin Anda ikuti. Komunitas terbentuk oleh orang-orang dengan minat yang sama, serta sering saling berbagi ide dan pikiran. Beberapa orang dalam komunitas membuat konten-konten daring yang membuat mereka terkenal. Dengan mencari tahu mengenai pembuat konten lain atau orang-orang terkenal seperti mereka, Anda bisa memahami persaingan yang ada, serta basis penggemar yang kemungkinan bisa Anda miliki. Carilah profil media sosial para pembuat konten internet atau konten video dan tulisan yang mereka buat.

  • Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai komunitas yang diminati dengan mengujungi subreddit komunitas tersebut di Reddit.com.
  • Jika jenis atau tema konten yang ingin Anda buat telah banyak diusung atau diikuti oleh para produser konten atau bintang-bintang ternama, Anda mungkin perlu memilih jenis atau tema yang berbeda, kecuali jika Anda bisa memberikan sesuatu yang menarik dan unik.
Pertimbangkan apa yang bisa Anda manfaatkan dari perangkat keras yang digunakan/dimiliki saat ini. Untuk menjadi terkenal di internet, Anda membutuhkan perlengkapan komputer dengan tingkat kecanggihan yang beragam, tergantung pada apa yang ingin Anda buat. Jika ingin membuat konten video, Anda membutuhkan kamera dan komputer yang baik untuk menyunting video yang dibuat. Jika ingin menjadi tenar di media sosial, Anda membutuhkan ponsel pintar yang bisa diandalkan. Apa pun konten yang ingin dibuat atau rencana yang dijalani, pastikan Anda memiliki perangkat keras yang tepat agar Anda tidak membuat konten berkualitas rendah.

  • Jika ingin melakukan streaming permainan daring, Anda membutuhkan komputer desktop dengan RAM yang besar, prosesor yang tepat, dan internet berkecepatan tinggi.
 Persempit pilihan-pilihan yang ada dan pilihlah sesuatu untuk dilakukan. Setelah Anda mencari tahu pilihan, persempit pilihan-pilihan yang ada. Pertimbangkan keinginan dan tujuan Anda dengan pilihan yang lebih realistis. Tuliskan semua hal-hal yang ingin dilakukan dan pertimbangkan dampak positif dan negatifnya. Setelah itu, tentukan apa yang ingin Anda lakukan dan mulailah membuat strategi.

  • Perkirakan kemungkinan kesuksesan yang bisa diraih dalam komunitas dengan mengevaluasi persaingan yang ada, basis penonton secara keseluruhan, dan popularitas platform konten Anda.

Mengelola Kehadiran di Dunia Maya

Daftarkan diri Anda di (minimal) dua platform media sosial. Pilihlah dua platform media sosial yang bisa Anda perbarui secara teratur. Dengan cara ini, para penggemar bisa tetap mengakses konten Anda, meskipun Anda tidak membuat konten baru. Ketika menentukan platform yang ingin dibuat, pertimbangkan usia target penonton, serta platform yang biasanya digunakan oleh penonton dalam rentang usia tersebut. Lakukan promosi silang pada beragam platform yang berbeda dan selalu berikan kemudahan bagi orang lain untuk mengikuti Anda di platform apa pun.

  • Jika Anda ingin menarik perhatian audiens yang masih muda, platform media sosial seperti Twitter dan Instagram dapat menjadi pilihan yang tepat.
  • Jika Anda ingin menarik perhatian audiens yang lebih tua, platform seperti Facebook, Pinterest, dan LinkedIn dapat menjadi pilihan yang ideal

Buatlah situs web atau blog pribadi. Adanya situs web memungkinkan orang lain untuk menemukan Anda dan mencari berbagai platform media sosial yang Anda gunakan, serta mendapatkan akses langsung ke konten-konten yang Anda buat. Situs web juga memberikan cara yang mudah bagi para promotor dan pihak yang ingin beriklan untuk menghubungi Anda sehingga mereka tidak perlu menghubungi melalui media sosial. Yang terakhir, blog pribadi juga dapat berfungsi sebagai airan pemasukan lain jika Anda ingin mengiklankan sesuatu atau menggunakan tautan afiliasi atau promosi yang diarahkan ke produk dari produsen lain.

  • Pastikan Anda membuat situs web responsif yang dapat ditampilkan dengan baik melalui ponsel dan peramban yang berbeda.
  • Jika Anda memiliki spesialisasi di bidang video, Anda bisa membuat video blog sebagai pengganti blog biasa (tulisan).
  • Beberapa situs blog dan pembuat situs web yang cukup populer, di antaranya adalah WordPress.org, WordPress.com, Squarespace, dan Wix

Gunakan tagar dan meme. Tagar dan meme merupakan media yang bisa digunakan untuk merangkul audiens yang lebih besar dan mendapatkan beberapa penggemar baru. Carilah tagar yang sesuai dengan konten yang dibuat dan gunakan tagar tersebut secara kreatif pada kiriman atau konten untuk mencari para penggemar dengan minat yang sama. Doronglah para pengikut atau penggemar untuk menggunakan tagar tertentu dan kembangkan basis penggemar melalui media sosial.

  • Sebagai contoh, jika Anda memiliki video blog mengenai makanan, Anda bisa menggunakan tagar-tagar seperti #food, #foodie, atau #foodporn
Tetap konsisten ketika menggunakan beragam platform media sosial. Cobalah gunakan nama pengguna yang sama untuk setiap platform agar orang lain tidak kebingungan untuk mencari Anda. Gunakan logo atau foto profil yang sama sebagai “tanda pengenal” Anda. Selain itu, Anda juga harus bersikap konsisten mengenai ucapan dan tipe/kepribadian Anda. Jika Anda mengatakan sesuatu, tetapi melakukan hal yang berlawanan dengan ucapan tersebut, sering ingkar janji, atau bersikap munafik, para pengguna internet bisa menyerang Anda dan para penggemar pun mulai meninggalkan Anda.

  • Jika Anda memiliki logo atau foto profil yang digunakan secara berkala, pastikan merek yang Anda usung bisa direpresentasikan di berbagai platform media sosial yang digunakan.
  • Anggaplah merek yang Anda usung sebagai sebuah perusahaan. Jika sebuah perusahaan memiliki logo dan tata letak toko yang berbeda, para pelanggan bisa merasa kebingungan. Hal yang sama juga dapat dirasakan oleh para penggemar Anda.
  • Terlepas dari suasana hati yang dirasakan (mis. marah, kesal, ceria, atau konyol), para penggemar bisa merasa kebingungan jika kepribadian Anda berubah dengan cepat atau Anda melakukan sesuatu yang tampaknya tidak konsisten

Buatlah jadwal harian untuk mengunggah kiriman ke media sosial. Jika Anda tidak terbiasa menggunakan media sosial secara berkala, Anda bisa membuat jadwal harian untuk mengingatkan diri sendiri agar segera membuat kiriman dan memeriksa semua platform media sosial yang dimiliki. Jika dilakukan setiap hari, para penggemar akan tahu bahwa Anda cukup aktif di media sosial sehingga mereka akan tetap mengunjungi halaman Anda.

  • Sebagai contoh, di pagi hari Anda bisa mengatur waktu untuk memeriksa surel dan pesan-pesan pribadi, serta membuat kiriman untuk Facebook dan Twitter. Di siang hari, Anda bisa memeriksanya lagi dan membuat lebih banyak pembaruan atau twit. Setelah itu, buat pembaruan terakhir di sore hari (menjelang malam).
  • Jika Anda sering mengunggah kiriman secara berkala, Anda akan muncul di umpan informasi beberapa penggemar.
  • Cobalah untuk tetap konsisten dengan jadwal konten yang Anda buat. Jika para penggemar terbiasa mendapatkan konten setiap dua hari, kemudian Anda mengambil “cuti” atau libur selama satu minggu, perkembangan Anda mungkin akan tertahan

Meningkatkan Popularitas

Carilah pasar atau tema yang belum banyak digandrungi oleh orang lain. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak pengikut adalah menjadi orang pertama yang mengusung genre atau tema aktivitas yang Anda lakukan. Carilah pasar atau tema khusus seperti kelompok sosial kecil, permainan, atau topik yang saat ini belum memiliki figur terkemuka. Untungnya, karena internet adalah komunitas besar yang mewakili beragam orang, ada beragam segmen mikro yang bisa Anda dalami untuk membuat konten.

  • Sebagai contoh, para pembuat konten atau prosuder yang mengulas film-film populer di YouTube berada dalam area yang terlalu “padat” dan terkenal sehingga kemungkinan besar persaingan yang ada cukup ketat.
  • Selain mencari pasar atau tema untuk aktivitas atau konsep yang Anda usung, Anda juga bisa mencari pasar berdasarkan diri sendiri. Beberapa bintang internet terkenal sering kali mewakili kelompok-kelompok yang tidak banyak diwakili di masyarakat

Tunjukkan keaslian diri. Para penggemar di internet akan senang ketika orang-orang bersikap jujur dan apa adanya dalam konten yang dibuat. Menunjukkan keaslian diri membuat merek jual Anda tetap konsisten dan memberikan gambaran bagi para penggemar mengenai apa yang bisa mereka dapatkan dari Anda di masa depan. Jika Anda tampil terlalu berbeda dari diri Anda yang sebenarnya dan para penggemar memandangnya sebagai hal yang negatif, Anda dapat merusak karier sebagai selebritas internet.

Tarik perhatian audiens target. Meskipun Anda tidak boleh mengubah diri sendiri, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menarik perhatian para penggemar. Tekankan konten pada hal-hal yang sepertinya ingin dilihat oleh mereka. Jika Anda tahu mereka tidak menyukai sesuatu, jangan buat konten yang berkaitan atau melibatkan hal tersebut. Jika ada beberapa hal yang terus menerus diminta oleh para penggemar, mungkin Anda bisa mempertimbangkan permintaan mereka.

  • Balaslah komentar orang-orang di media sosial dan bacalah komentar-komentar tersebut di kiriman-kiriman yang Anda unggah.
Perhatikan perhitungan yang ada. Jika Anda melihat adanya penurunan pengikut yang besar atau perhatian secara negatif pada video atau artikel tertentu, pembuatan konten seperti itu bukanlah hal yang baik untuk karier Anda. Ketika Anda melihat penurunan penonton atau komentar positif secara tiba-tiba, luangkan waktu untuk mengevaluasi kembali apa yang Anda lakukan dan pertimbangkan kritik-kritik yang diberikan oleh orang lain. Ubah citra Anda dan tingkatkan kembali jumlah penggemar.

  • Jika Anda mengunggah video atau artikel yang sangat kontroversial, buatlah video lain untuk memperjelas maksud Anda (pada video sebelumnya) atau meminta maaf atas tindakan Anda.
Selalu buat konten yang berkualitas. Sebisa mungkin, cobalah buat konten dengan kualitas terbaik. Meskipun Anda tidak mempunyai perangkat keras terbaik, pastikan kualitas konten Anda tetap tinggi. Pengunggahan hal-hal yang tidak relevan bagi orang lain atau hal-hal yang tidak disiapkan dengan baik justru membuat konten Anda tampak “murahan” sehingga para penggemar mungkin berhenti berlangganan atau mengikuti Anda.

  • Jika Anda ingin membuat video, akan lebih baik jika Anda menunggu hingga Anda bisa merekam video dalam kualitas HD (high definition atau definisi tinggi) daripada merekamnya dalam kualitas rendah atau seadanya.

Tetap tunjukkan usaha Anda. Selama ini, banyak orang tidak memahami bahwa untuk menjadi selebritas internet yang terkenal dibutuhkan banyak waktu, seperti halnya pekerjaan purnawaktu. Jika Anda ingin memproduksi atau membuat konten yang unik, semua kerja keras Anda pada awalnya mungkin tidak membuahkan hasil. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk tetap konsisten dan menerima saran dan kritik dari orang-orang di sekitar. Agar tampak menonjol dan berbeda dari figur-figur internet lainnya, Anda perlu memiliki sesuatu yang unik dan “menjual.

 

sumber: wikihow


Leave a Reply